PMI Kabupaten Ngawi Gelar Upacara Peringatan HUT ke-79, Tekankan Aksi Adaptasi Iklim

Geneng, 18 September 2024 – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 di halaman Pendopo Wedya Graha, Rabu (18/9/2024). Peringatan tahun ini mengusung tema “Aksi Adaptasi Iklim” sebagai bentuk komitmen PMI dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin nyata.

Upacara peringatan HUT PMI ke-79 ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Ngawi, kepala OPD, camat se-Kabupaten Ngawi, serta relawan Palang Merah Remaja. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan yang kuat terhadap kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua PMI Kabupaten Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono (Kanang). Dalam amanatnya, Budi Sulistyono membacakan sambutan Ketua Umum PMI, H.M. Yusuf Kalla, yang menekankan pentingnya aksi nyata dalam menghadapi perubahan iklim.

Aksi adaptasi perubahan iklim dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penghijauan melalui penanaman pohon, pelatihan pembuatan bibit tanaman untuk anak sekolah, dan program tanam sampai tumbuh,” ujar Budi menyampaikan pesan Ketua Umum PMI.

Selain itu, upaya mengurangi penggunaan plastik, hemat energi, dan hemat air juga menjadi bagian penting dari aksi adaptasi iklim. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Sulistyono menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran PMI di Kabupaten Ngawi atas dedikasi dan pengabdiannya. Ia berharap agar PMI dapat terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Marilah kita bersama-sama melaksanakan kegiatan PMI secara transparan dan akuntabel sehingga dapat terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” ajak Budi Sulistyono.

Lebih lanjut, Budi Sulistyono juga menekankan pentingnya sinergi dengan berbagai pihak untuk memperkuat aksi adaptasi iklim. Kerja sama yang baik dengan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta sangat diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian, diharapkan PMI Kabupaten Ngawi dapat terus berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *