Tim Rescue Ngawi, Latihan Water Rescue di Waduk Pondok

Geneng 16/9/2024.-Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan yang semakin dekat, Tim Rescue Ngawi yang base campnya berada di Kecamatan Geneng menggelar latihan water rescue di Waduk Pondok, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi pada tanggal 14 September 2024. Latihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan kapasitas para relawan dalam menghadapi potensi bencana banjir yang kerap melanda wilayah Kecamatan Geneng.

Seperti diketahui, sebagian besar desa di Kecamatan Geneng merupakan langganan bencana banjir akibat luapan Bengawan Madiun. Mengantisipasi hal tersebut, Tim Rescue Ngawi Kecamatan Geneng secara rutin melakukan pelatihan dan simulasi bencana. Melalui latihan water rescue ini, diharapkan Tim Rescue semakin siap dan terampil dalam melakukan evakuasi korban, memberikan pertolongan pertama, serta melakukan pencarian dan penyelamatan di perairan.

Ketua Tim Rescue Ngawi, Tikno, menyatakan bahwa seluruh anggota Tim sangat antusias mengikuti pelatihan ini. “Latihan ini sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kemampuan. Dengan bekal keterampilan yang memadai, kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama saat terjadi bencana banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tikno, menjelaskan bahwa Tim Rescue Ngawi merupakan bagian dari Kecamatan Geneng Tangguh Bencana. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah setempat dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana. “Kami berharap dengan adanya Tim Rescue, masyarakat merasa lebih aman dan terlindungi,” imbuhnya.

Dalam latihan water rescue ini, para relawan Rescue dilatih berbagai teknik penyelamatan di air, seperti cara menggunakan peralatan keselamatan, teknik renang penyelamatan, serta cara mengevakuasi korban yang terjebak di air. Selain itu, para relawan Rescue juga diberikan materi tentang pertolongan pertama pada korban tenggelam.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Tim Rescue Ngawi Kecamatan Geneng semakin solid dan siap menghadapi segala bentuk bencana. Masyarakat pun diharapkan dapat lebih tenang dan percaya diri, karena telah memiliki Tim Rescue yang profesional dan tangguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *