Bimtek Peningkatan Kapasitas Operator DTKS di Kecamatan Geneng

Geneng, rabu 18 september 2024– Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan data kesejahteraan sosial, Pemerintah Kecamatan Geneng menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh operator Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) se-Kecamatan Geneng. Kegiatan yang bertemakan “Peningkatan Kapasitas SDM Operator SIKS-NG Desa se-Kecamatan Geneng” ini berlangsung di ruang serbaguna Kecamatan Geneng dan diikuti oleh para operator DTKS dari seluruh desa di Kecamatan Geneng.

Sebagai narasumber, hadir M. Turnawan A.Ks., Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, dan Candra Widiarto, S.T., M.M., seorang penyuluh sosial. Keduanya memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi para peserta.

Dalam paparanya, M. Turnawan menekankan pentingnya peran operator DTKS dalam memastikan data kesejahteraan sosial yang akurat dan terkini. “Data yang berkualitas akan sangat membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program sosial yang tepat sasaran,” tegasnya.

Candra Widiarto, dalam paparannya, secara detail menjelaskan berbagai fitur dan fungsi dari aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG). Mulai dari cara memasukkan data, memverifikasi data penerima manfaat, hingga teknik menganalisis data untuk keperluan perencanaan program. “Dengan memahami aplikasi SIKS-NG, para operator dapat mengelola data DTKS dengan lebih akurat dan efisien,” ujar Candra.

Sebelum kegiatan dimulai, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Geneng memberikan arahan kepada seluruh peserta. Beliau berharap agar peserta dapat mengikuti bimtek dengan baik dan menyerap semua materi yang disampaikan oleh para narasumber. “Dengan bekal ilmu yang diperoleh dari bimtek ini, diharapkan para operator dapat meningkatkan kinerjanya dalam mengelola data DTKS,” ungkapnya.

Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para operator DTKS dalam mengelola dan memutakhirkan data kesejahteraan sosial. Data yang akurat dan terkini akan menjadi dasar yang kuat dalam pengambilan kebijakan dan pelaksanaan program-program sosial di Kecamatan Geneng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *