Waspada! Kebakaran Hanguskan TPS3R, Masyarakat Diminta Hati-hati

Geneng, 18/9/2024 – Sebuah peristiwa kebakaran melanda Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tambakromo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, pada Rabu 18 september 2024 sekitar pukul 12.00 WIB. Peristiwa ini langsung menyita perhatian pemerintah setempat dan warga sekitar.Sejumlah petugas gabungan pun terjun ke lokasi, termasuk Kapolsek Geneng, Danramil Geneng, Kades Tambakromo, petugas pemadam kebakaran, Relawan Tim Rescue, serta perangkat desa dan masyarakat setempat.

Berdasarkan keterangan saksi, kebakaran bermula dari sisa limbah sampah yang tidak dapat didaur ulang dan dibakar di dekat area pengolahan sampah. Setelah ditinggal oleh pekerja untuk beristirahat siang, api kemudian merembet ke tumpukan sampah lainnya sehingga menimbulkan kebakaran.

“Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menghubungi pemadam kebakaran dan Polsek Geneng,” ujar salah seorang warga.

Tidak berselang lama, satu unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Setelah berjibaku selama kurang lebih satu jam, api akhirnya berhasil dipadamkan. Beruntung, kebakaran hanya melalap sisa limbah sampah yang tidak dapat didaur ulang dan ban bekas. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini.

Kapolsek Geneng, Dandung, mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengelola sampah dan membakar sampah. “Kami mengimbau agar masyarakat selalu memastikan api benar-benar padam setelah membakar sampah untuk menghindari kejadian serupa,” tegasnya.

Peristiwa kebakaran ini menjadi pelajaran penting bagi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang benar. TPS3R sebagai fasilitas pengolahan sampah diharapkan dapat terus beroperasi dengan baik dan aman sehingga tidak menimbulkan masalah lingkungan.Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat adanya potensi terjadinya kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *