Klitik Juara Gemaparut

Gema Parut merupakan program Bupati Ngawi dalam upaya meningkatkan tercukupinya ketersediaan bahan pangan yang cukup Gizi. GEMA PARUT singkatan dari Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah Tangga. Tujuan dari program ini adalah untuk memanfaatkan lahan sempit disekitar kita salah satunya pekarangan rumah dalam membantu pemenuhan gizi rumah tangga sekaligus dapat membantu perekonomian rumah tangga.

Program ini dimulai pada Desember 2021 sesuai Surat Edaran Bupati Ngawi nomor : 520/09.52/404.110/2021 tentang Gerakan Menanam. Ada beberapa kategori dalam lomba ini antara lain kategori Dinas, Kategori tingkat Kecamatan, Kategori Desa, Kategori tingkat sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Penilaian dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 11 Agustus 2022 dan Desa Klitik mendapatkan JUARA HARAPAN 1 untuk Kategori Desa. Penyerahan Piagam penghargaan dilaksanakan Senin 29 Agustus 2022 di Alun-Alun Merdeka Ngawi oleh Bupati Ngawi diterima langsung oleh Hj. SUPRAPTI selaku Kepala Desa Klitik. Adapun hadiah yang diperoleh sebagai Juara Harapan 1 adalah sejumlah benih tanaman toga dan buah-buahan antara lain benih cabai, pisang cavendis, jambu air, dan apukat. Hal ini sangat baik dengan harapan dapat meningkatkan semangat untuk menanam tanaman di pekarangan rumah.